Jumat, 01 Agustus 2008

Warta Ecclesia Tangerang

Hari / Tanggal : Minggu / 27 Juli 2008
Pengkotbah : disadur dari Warta Ecclesia Tangerang
Tema Kotbah : PRIORITAS & EFISIENSI




Kerap kali hal-hal kecil yang kurang penting menjadi batu sandungan yang besar dalam diri kita, yang membuat kita tidak mencapai keberhasilan yang sudah kita rancang. Kita sering tidak menyadari bahwa ketika prioritas kecil menuntut terlalu banyak dari kita, maka prioritas yang utama terabaikan dan masalah besarpun segera muncul.

Setiap kita yang yang ingin berhasil, entah sebagai karyawan, pengusaha atau pemimpin, dituntut untuk terus menata ulang prioritas didalam hidupnya.

Jika setiap kita ingin menjadi manusia yang efisiensi dan berhasil, ada beberapa tips yang akan kita bahas, yaitu merapkan prinsip 3E, yaitu :

EVALUASI DIRI
Daud berdoa kepada kepada Allah : “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, sehingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Yang mengandung arti kita memang perlu menjadi bijak dengan mengkaji ulang apa yagng sudah kita kerjakan seiring dengan berjlannya roda waktu, awasilah langkah kita sejak dini supaya kita mencapai hasil tepat pada waktunya.

MAZMUR 90:12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

ELIMINASI DIRI
Tanyakan pada diri kta sendiri, “Apa yang sedang saya lakukan, namun sebenarnya bisa dilakukan oleh orang lain ?”
Orang yang efektif tidak akan memaksa dirinya untuk mengerjakan semua hal, Karena ia menyadari bahwa akan jauh lebih efektif bila ia mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan yang bisa ditangani oleh orang lain.

ESTIMASI DIRI
Perkirakan waktu dan tenaga yang dibutuhkan , ataupun hambatan-hambatan yang akan dilalui sehingga dapat tetap bergerak maju menuju sasaran yang akan dituju.
Perhitungkanlah segala sesuatunya, sehingga kita siap ketika berhadapan dengan segala resiko yang terjadi.
Tidak ada keberhasilan tanpa keberanian untuk berhadpan dengan resiko !

Penundaan dalam mengerjakan prioritas utama akan mengakibatkan kelumpuhan pada jalur sukses.

Tidak ada komentar: